Wara Warta

menulis berdasarkan pendapat pengalaman dan refrensi

KAMI PUNYA BANYAK DATABASE CARI ATAU BACA ARTIKEL YANG LAINYA

Rabu, 27 Februari 2013

Siklus akuntansi perusahaan dagan jasa manufaktur

Siklus dalam akuntansi merupakan tahapan pekerjaan yang harus dilakukan dari awal hingga akhirnya menghasilkan laporan keuangan.baik di dalam perusahaan dagan jasa maupun manufaktur
 Dibawah ini adalah siklus akuntansi yang harus dilewati dalam bidang akuntansi:
1.bukti transaksi
2.jurnal
3.buku besar
4.neraca saldo
5.laporan keuangan
 buku besar Setelah pencatatan transaksi dilakukan ke dalam jurnal (penjurnalan), maka tahap berikutnya adalah memindahkan ayat-ayat jurnal tadi ke akun-akun, proses ini dinamakan pemindahbukuan atau dalam bahasa akuntansinya disebut Posting ke buku besar. Buku besar adalah kumpulan atas transaksi-transaksi dari akun-akun yang sejenis.
 neraca saldo Bagaimana caranya agar anda yakin bahwa anda tidak membuat kesalahan dalam melakukan posting ke kolom debit dan kredit buku besar? Caranya adalah dengan membuat Neraca Saldo. Seperti yang kita ketahui bersama setiap buku besar pastilah memiliki saldo akhir dari setiap akunnya, angka atau saldo akhir inilah yang kita masukkan ke dalam neraca saldo.
laporan keuangan Dibawah ini akan dijelaskan 3 laporan yang secara umum akan disajikan pada pemakai laporan. 1.Laporan Laba Rugi Laporan laba rugi merupakan laporan yang akan menyajikan posisi keuangan dalam hal laba atau rugi nya. Dalam laporan ini, terdapat 2 (dua) pos yang akan disajikan yaitu pos Pendapatan dan Beban
 2.Laporan Perubahan Modal
Laporan Perubahan Modal (LPM) merupakan laporan yang akan menyajikan posisi modal akhir yang kita miliki. 3. Neraca Neraca merupakan tahap terakhir dari laporan keuangan yang menjelaskan posisi keuangan perusahaan dilihat dari pos Aktiva/Harta, Utang dan Modal. Untuk mengisi neraca ini, maka kita berpatokan pada Neraca Saldo yang telah disusun sebelumnya, akan tetapi untuk pos Pendapatan dan Beban tidak dicantumkan (dihapuskan). Tuliskan semua akun-akun yang berada pada pos Aktiva, Utang dan Modal (modal akhir yang telah disusun sebelumnya pada laporan perubahan modal) ditulis oleh ( +Rinal Purba )
terima ksh............... gambar : bagan sistem siklus 
 tampak di koran betapa pentingnya
 ..?? siklus arus

    PLEASE SUBSCRIBE GAN CHANNEL KAMI.!!!

    thanks if u comments

    Back To Top