Wara Warta

menulis berdasarkan pendapat pengalaman dan refrensi

KAMI PUNYA BANYAK DATABASE CARI ATAU BACA ARTIKEL YANG LAINYA

Senin, 27 Mei 2013

penipuan lowongan kerja di internet

Maraknya Modus Penipuan Lowongan Kerja Perusahaan yang sejenis berinisial “PT. MUG”
Makin maraknya penipuan lowongan kerja yang dilakukan oleh perusahaan - perusahaan dengan motif lowongan pekerjaan yang ditawarkan sangat - sangat menggiurkan, mulai dari pekerjaan sebagai administrasi, dengan gaji yang ditawarkan sekian melebihi UMR, tunjangan kesehatan dll, karyawan tetap, sangat begitu menggiurkan bukan??. Dari sekian berita mengenai penipuan bermodus lowongan kerja perusahaan-perusahaan ini, nama PT. MUG bukanlah asing lagi di media pemberitaan bahkan salah satu stasiun tv pun telah mengangkat berita ini untuk diinvestigasi, namun nampaknya modus penipuan seprti ni terus saja berlanjut karena tidak adanya respon dan tanggapan dari aparat penegak hukum, bahkan saat ini makin marak perusahaan-perusahaan yang bermotif dan berkedok sama seperti PT.

MUG. Saya browsing diinternet mengenai perusahaan-perusahaan penipu seperti ini jumlahnya tidak main ada lebih dari 20 perusahaan di jakarta yang bermotif dan berkedok sama seperti PT. MUG, bahkan  perusahaan ini tak segan-segan bergonta ganti nama perusahaannya untuk mengelabui para korban penipuan ini. Untuk itulah saya tertarik dengan isu ini dan saya pun mulai melakukan investigasi.

Pertama, saya buka suatu situs website yang sering orang lihat dan kunjungi untuk melihat lowongan kerja, situs yang saya buka ini adalah situs besar yang banyak dikunjungi orang namun situs ini gratis dan tidak berbayar untuk orang-orang, perusahaan atau instansi lain yang ingin memasang iklan. Saya cek satu per satu saya lihat posisi lowongan kerja yang saya inginkan, kemudian saya lihat ada posisi lowongan kerja sebagai “Staf Administrasi Duplikat” kemudian saya klik perusahaan tersebut mengatasnamakan PT.

Universal Utama Indonesia, kemudian disana ditawarkan dengan segala kriteria dan gaji yang ditawarkan yang menggiurkan diperusahaan tersebut tidak ada nomor telepon hanya ada nama perusahaan, alamat lengkap dan no.hp saja, dan ditulisan kriteria mereka, mereka mengaatakan “bukan yayasan ataupun outsourch” dan saya pun langsung melakukan browsing untuk melihat company profile atas nama PT. Universal Utama Indonesia bergerak dibidang apa?atau mengenai  profile perusahaan lain yang dapat membantuk saya untuk dapat kredibilitas perusahaan ini, namun memang perusahaan ini tidak punya website namun pada saat saya search di google memang tidak ada pemberiataan mengenai penipuan perusahaan ini jadi saya anggap, saya lanjut untuk melakukan investigasi.

Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Pertamina

Apakah anda sedang berbunga-bunga mendapat sms panggilan wawancara dari perusahaan sekelas Pertamina, Freeport, dsb? Sebaiknya ekstra hati-hati, dan lakukan banyak konfirmasi serta tenangkan diri. Soalnya ada penipuan dengan modus lowongan kerja tersebut.

Hari ini mendadak kakakku yang di Semarang menelpon, katanya dapat panggilan kerja dari Pertamina hari kamis depan. Masalahnya kakakku bingung dengan transportasi yang harus digunakan. Soalnya dalam keterangan panggilan kerja itu, diwajibkan menggunakan travel tertentu, dengan pesawat dan nantinya di hotel. Kok ribet.

Semula aku cukup senang juga kakakku dapat panggilan begitu. Senang bercampur curiga. Di usia yang sudah diatas 40 tahun, dengan pengalaman kerja pas-pasan (tanpa niat meremehkan kakakku yang ulet itu), kok dapat panggilan dari perusahan besar. Ok, aku abaikan kecurigaanku, aku coba bantu. Toh aku tinggal di Jakarta, jadi dia bisa tinggal ditempatku tanpa harus nginap di hotel. Mungkin juga aku bisa sempat antar jemput ke lokasi interview.

Lokasi interview adalah di Standard Chartered Tower Jl. Prof Dr Satrio No 164 Jakarta. Padahal di lamaran kerja tertulis bahwa PT Pertamina beralamat di Jl. Medan Merdeka Timur 1A Jakarta. Sebenarnya ini sudah menghasilkan kecurigaan kedua, tapi aku tepis karena sudah umum terjadi kalau proses interview dilakukan oleh pihak ketiga.

Tapi yang paling mengherankan adalah pernyataan berikut :

    Peserta di wajibkan melakukan Reservasi Pemesanan Ticket (Ticketing) di TRAVEL yang Sudah di siapkan oleh Perusahaan,  Mobilisasi Penjemputan peserta di Bandara Menuju ketempat pelaksanaan kegiatan )  Peserta di harapkan melaporkan ke-
    *ASTRINDO TOUR & TRAVEL
    * Penaggung Jawab : DENI SETIAWAN
    * Contact Person : 081 224 222 794

Lho, kok wajib pakai beginian. Baru kali ini aku dengar panggilan interview di Jakarta yang mewajibkan peserta pakai jasa travel tertentu. Kan banyak jalan menuju Jakarta. Lain halnya kalau interview dilakukan di pelosok Jaya Wijaya atau pulau terpencil di perbatasan dengan Filipina. Wah, makin besar kecurigaanku. Apalagi kakakku sudah konfirmasi ke Deni Setiawan itu, dan kata dia gak bisa ditawar-tawar lagi syarat itu.

Teknologi memberi kita alat yang ibarat pisau bermata dua. Banyak penipuan lewat sms, email, fb dsb, tapi kita juga dapat informasi berharga lewat internet. Langsung saja meluncur ke google, ketik keyword “panggilan wawancara pertamina travel”, dan muncullah tulisan-tulisan tentang penipuan jenis ini. Fuih …

Langsung aku kontak kakakku dan ngasih tahu kalau itu penipuan. Setidaknya kakakku belum sempat transfer duit, hanya sempat terbuai harapan palsu. Ah, pelajaran berharga juga.

Oh ya, satu lagi hal mencurigakan yang lolos dari pengamatanku sebelumnya. Alamat email yang digunakan untuk mengirim undangan wawancara (juga tempat kita mengirim lamaran kerja) memakai jasa rocketmail.com (“preckruit.pertamina@rocketmail.com”). Mosok perusahaan selevel Pertamina masih pakai rocketmail??? Aneh sekali.

Ciri-Ciri Penipuan Berkedok Lowongan Kerja
Kini mencari pekerjaan semakin mudah dengan adanya situs-situs yang khusus mempublikasikan lowongan kerja. Perusahaan-perusahaan dapat dengan mudah mengiklankan lowongan kerja mereka dengan gratis di situs-situs tersebut. Namun, tidak semua iklan lowongan kerja di situs tersebut adalah benar. Banyak modus penipuan berkedok lowongan kerja yang diiklankan melalui internet dan tidak sedikit yang telah menjadi korban penipuan tersebut.

Berikut ini ciri-ciri penipuan berkedok lowongan kerja yang diiklankan di internet:
1. Identitas perusahaan tidak jelas atau tidak dicantumkan, misalnya tidak ada alamatnya, tidak ada nomor telepon, dan tidak ada alamat website.
2. Alamat email tidak menggunakan email perusahaan, tetapi menggunakan email pribadi, misalnya @yahoo atau @gmail dsb. Seharusnya ialah @sosro dsb.
3. Alamat website menggunakan blogspot, wordpress, weebly, atau blog lainnya, misalnya surveyor-online.weebly.com. Untuk blog yang namanya asing di telinga Anda, lihatlah di paling atas atau paling bawah website tersebut, maka akan ada nama blog atau lambang blog.
4. Foto anggota atau acara perusahaan menggunakan foto perusahaan asing atau foto hasil editan manipulasi komputer.
5. Menawarkan paket dengan harga tertentu, padahal paket tersebut sebenarnya tidak ada. Contohnya ialah mesin pencari uang melalui internet, paket kuisoner online dengan kode member, dsb.
6. Terkesan memaksa kita untuk membayar produk yang ditawarkan dan mengiming-imingi keuntungan yang besar, misalnya paket kuisoner Rp100.000, dengan kuota 1000 responden, imbalannya Rp5000/kuisoner. Jika tidak segera membayar, kita diancam akan di-blacklist. Biasanya penipu memberi jangka waktu pendek hingga 7 hari.
7. Setelah membayar, produk pesanan kita tidak akan dikirim karena keberadaan produk tersebut sebenarnya memang tidak ada, melainkan hanya untuk menipu kita agar ia mendapatkan uang.
8. Contact person yang dicantumkan pada awalnya aktif melayani kita, tetapi setelah kita berhasil tertipu, contact person tersebut tidak akan melayani kita lagi (tidak aktif, panggilan kita dialihkan atau tidak dijawab).
9. Nama perusahaan tidak terdaftar dalam browser internet. Perusahaan yang namanya telah terdaftar pasti akan muncul jika kita browsing.
PLEASE SUBSCRIBE GAN CHANNEL KAMI.!!!

2 komentar

kl yg ini gemana gan? suruh bayar 100500 tuh:
http://ekonomi.kompasiana.com/moneter/2013/06/30/lowongan-kerja-sebagai-penulis-artikel-lepas-569622.html
yg sama persih juga ada di http://lowongan-kerja.tokobagus.com/freelance/lowongan-kerja-terpercaya-sebagai-penulis-artikel-25235845.html

aku pernah ngalamin gan.. penipuan berkedok pertamina,..lewat email dan sms konfirmasi tes kerja.. !! gue nekat aja karna penasaran juga.. dateng ke jakarta pusat dari tasik.. eh dari alamatnya aja dah salah PT Pertamina beralamat di Jl. Medan Merdeka Timur 1A Jakarta... tp untug gue ga langsung pesan tiket.. soalnya gue pikir dari tasik ke jakarta deket.. ternyataa penipuan,...

thanks if u comments

Back To Top