Wara Warta

menulis berdasarkan pendapat pengalaman dan refrensi

KAMI PUNYA BANYAK DATABASE CARI ATAU BACA ARTIKEL YANG LAINYA

Rabu, 08 Mei 2013

solusi untuk muka berjerawat

jerawat ; Apa itu ??
Jerawat merupakan kondisi kulit yang meradang akibat serangkaian pemicu. Beberapa faktor pemicu yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah:

Aktivitas hormon. Hormon memengaruhi produktivitas kelenjar minyak. Jika produktivitas kelenjar minyak ini berlebihan, muncul jerawat. Karenanya, tidak heran jika jerawat menjadi bagian kehidupan remaja. Menjelang masa menstruasi, perempuan juga sering mendapat jerawat. Akan tetapi, bukan berarti saat dewasa kita lepas dari jerawat. Siapa pun dan dalam usia berapa pun bisa mendapatkan jerawat.
Pengelupasan kulit mati yang berlebihan akibat dari pemakaian produk kecantikan yang berlebihan.
Adanya bakteri dalam pori-pori bernama propionibacterium acnes (P. acnes). P. acnes menyukai kulit mati dan minyak yang berlebihan. Lingkungan ini membantu P. acnes berproduksi dan membuat kulit merah meradang hingga menyebabkan jerawat.
Kulit yang teriritasi. Akibat tidak cocok dengan produk perawatan, jerawat bisa muncul.
Sensitivitas terhadap makanan atau obat tertentu. Meski jarang terjadi, jerawat bisa menjadi petunjuk kalau kita tidak cocok pada obat atau makanan tertentu.

Bentuk-bentuk Jerawat

Jerawat memiliki banyak bentuk, antara lain:

  • Jerawat biasa (pimples), iritasi kulit memerah yang ada isinya.
  • Jerawat nasi (cyst) yang mengandung isi yang keras atau agak keras.
  • komedo terbuka (blackheads), jerawat dengan bagian atas berwarna hitam.
  • komeda tertutup (whiteheads), jerawat kecil berwarna putih karena pori-pori kulit yang terhambat

Berjerawat dan Berminyak – Penyakit jerawat  biasa terjadi pada remaja muda terutama remaja wanita. Jerawat ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit namun bagi yang mempunyai jerawat biasanya akan risih atau malu saat wajahnya terdapat jerawat yang mengakibatkan tidak percaya diri di depan teman-teman sepergaulan maupun sang pacar sendiri.

Memang bagi para remaja jerawat akan mudah muncul terutama mereka yang jarang merawat dan membersihkan kulit wajahnya. Perawatan sendiri sebenarnya ada banyak cara dari perawatan ringan sendiri sampai perawatan yang mahal misalnya pergi ke salon kecantikan. Intinya agar tidak tumbuh jerawat di wajah yaitu selalu menjaga kebersihan dan mengurangi kadar minyak yang dikeluarkan dari kulit wajah.


Masker Wajah Berjerawat Alami
1. Masker Wajah Jerawat Tepung Gram
Gram tepung adalah tepung pulsa yang terbuat dari tanah buncis atau chana dahl. Hal ini juga dikenal sebagai tepung buncis, tepung garbanzo, atau besan. Jerawat terjadi ketika kulit mati, minyak, dan bakteri menumpuk di pori-pori kulit. Cara yang paling efektif untuk menghilangkan bekas luka jerawat akan menggosok kulit mati. Dapat dilakukan dengan membuat scrub di rumah sendiri. Ambil 2 sendok makan tepung gram. Tambahkan jumlah yang cukup yoghurt untuk membuat pasta. Tambahkan beberapa tetes air mawar dan jus lemon untuk itu. Dalam kasus kulit kering, tambahkan 2-3 tetes minyak sayur. Aduk rata dan oles pada daerah yang terkena, diamkan selama sekitar setengah jam, atau sampai kering. Bersihkan dengan air dingin dengan lembut dan pijat kulit dalam gerakan melingkar. Mereka memiliki kulit berminyak bisa menggunakan masker wajah jerawat setiap hari. Sementara mereka yang memiliki kulit kering harus menggunakannya hanya sekali seminggu.

2. Masker Wajah Jerawat Daun Kemangi Kering
Ini masker wajah juga disebut tonik masker kemangi jerawat. Untuk membuatnya, ambil 10-12 sendok makan bubuk terbuat dari daun kemangi kering. Rendam dalam air selama 2 jam. Oleskan pada wajah dan biarkan di daerah jerawat selama sekitar 20-30 menit. Hilangkan dengan air hangat. Usap dengan handuk tangan basah di wajah Anda selama 10 menit. Gunakan kemangi daun masker wajah kering sekali dalam seminggu.

3. Masker Wajah Jerawat Baking Soda
Ambil sejumput baking soda pada telapak tangan Anda. Mencampurnya dengan beberapa tetes air. Oleskan pada wajah Anda. Biarkan mengendap di daerah wajah berjerawat selama sekitar 15 menit. Cuci wajah Anda dengan air. Anda akan merasa kulit lebih lembut dan lebih segar. Gunakan masker wajah dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

4. Masker Wajah Jerawat Apel dan Madu
Ambil setengah potong sebuah apel, dan parut. Mencampurkan dengan empat sendok teh madu. Oleskan pada bagian kulit yang terkena dan biarkan di daerah wajah berjerawat selama sekitar 15 menit. Bilas dengan air. Ini masker wajah yang bekerja sangat baik pada kulit kering, dan Anda dapat menggunakannya setiap hari karena mencegah wabah jerawat dan juga membuat cerah pada kulit.

5. Masker Wajah Jerawat Oatmeal
Oatmeal atau gandum putih berupa serbuk. Oatmeal telah menyembuhkan dan menghilangkan jerawat pada berbagai produk perawatan kulit jerawat. Hal ini sangat mudah untuk membuat masker wajah dengan oatmeal. Rebus ½ cangkir oatmeal dalam air. Dinginkan dan kemudian oles merata hingga lapisan tebal di seluruh wajah Anda. Tunggu 20 menit. Bilas dengan air.

6. Masker Wajah Jerawat Mawar dan Lemon
Lemon mengandung vitamin C, yang merupakan suatu keharusan untuk kulit yang sehat. Ambil satu sendok makan jus lemon dan tambahkan 3-4 tetes air mawar. Oles di wajah Anda dan daerah rawan jerawat. Biarlah ia tinggal di sana selama 10 menit, dan kemudian mencucinya dengan air. Hal ini tidak dianjurkan untuk kulit kering.

7. Masker Wajah Jerawat Lainnya
Masker wajah yang dibuat dengan lidah buaya, jus jeruk, mentimun, dan minyak oregano memiliki sifat anti-bakteri. Anda dapat menggunakan satu atau kombinasi dari bahan-bahan yang disebutkan di atas. Misalkan, Anda memutuskan untuk membuat masker wajah dengan lidah buaya dan jus jeruk, kemudian hanya menggunakan ini paket wajah untuk setidaknya satu bulan. Bulan depan Anda dapat mencoba beberapa kombinasi lainnya. Terus mengubah masker wajah setiap beberapa bulan, dan kemudian mengetahui masker wajah bekerja dengan baik pada kulit Anda. Setelah Anda tahu bahwa, Anda dapat melanjutkan lebih lanjut dengan bahan yang sama.


Produk Makeup Apa Yang harus Dihindari?

Produk yang harus dihindari untuk wajah berjerawat adalah produk berminyak, terutama jika ladies menerapkan menggunakannya pada daerah yang sering berjerawat (yang cenderung berada di daerah T, yaitu dahi, hidung dan dagu). Produk make up dengan bahan buatan apapun yang sebagian besar ada di pasaran juga harus dihindari karena bahan-bahan buatan dapat menyebabkan iritasi kulit. Penggunaan cream perawatan kamu sebelum menggunakan makeup sangat dianjurkan untuk menjaga kulit terpapar langsung dengan bahan bahan makeup.

Makeup Apakah yang Baik Untuk Kulit Rawan Jerawat?

Carilah produk yang diberi label “non-comedogenic”. Ini berarti bahwa produk tersebut tidak mengiritasi kulit, dan mereka cenderung tidak menutup pori. Salah satu jenis terbaik dari make up yang dapat digunakan untuk kulit berjerawat adalah kosmetik mineral. Mineral makeup selain berbahan lebih alami juga tidak menutupi pori pori wajah kamu, sehigga mengurangi kemungkinan bertambahnya jerawat.

Kemudian pastikan kuas brush dalam keadaan steril setiap pemakaian terutama face brush ladies. Kuas yang jarang dibersihkan malah akan mendatangkan bakteri dan menambah kerusakan pada kulit wajah.

Konsultasi dengan dokter kecantikan adalah salah satu jalan untuk mengobati dan merawat kulit wajah ladies. Konsultasikan produk makeup yang cocok sesuai keadaan kulit wajah, sehingga memperkecil kemungkinan salah menggunakan produk makeup.

Dari berbagai macam produk yang sudah beredar ladies harus menjadi smart buyer, gunakan produk yang tidak hanya memberi janji akan kecantikan tapi juga memberikan benefit untuk kulit wajah ladies. So.... hundaknya ladies sudah membekali diri dengan pengetahuan tentang bahan bahan yang tercampur dalam produk kosmetik yang akan kamu beli.

Kulit berjerawat memang memiliki cara cara khusus dalam segi perawatan but.... tidak ada salahnya ladies mempercantik diri sekaligus merawat aset kulit wajah yang sehat alami. Semoga informasi ini bermanfaat, selamat mencoba!

Cara merawat wajah berjerawat 
1. Menjaga kebersihan wajah. Jagalah kebersihan wajah kita terutama pada waktu pagi hari dan menjelang mau tidur. Untuk pembersih kita dapat menggunakan pembersih wajah yang berbahan dasar air, karena membuat wajah tidak kering dan kusam, selain itu pemberih berbahan dasar air lebih baik dari pada yang lainya. Dalam memilih pembersih wajah, kita dapat memilih yang mengandung sulfur(benzoyl peroxide) dengan persentse 2,5 persen, 5 persen, dan 10 persen. Bila terlanjur belum mengenal jenis kulit, lebih baik menggunakan yang 2,5%, menggunakan yang paling kecil.

2. Membersihkan muka yang baik dengan menggunakan air yang banyak, ketika memijat wajah lakukanlah pijatan wajah yang lembut searah jarum jam, lakukanlah pembilasan dengan sempurna dan diakhiri dengan pengeringan dengan handuk yang bersih dan lembut.

3. Mengurangi menyentuh wajah kita dengan tangan yang kotor. Tangan yang kotor akan membuat jerawat cepat menyebar dan jerawat juga akan  merusak kecantikan kulit wajah kita.

4. Bila jerawat telah banyak dan berlebihan, ini bisa terjadi akibat makanan, sebaiknya kurangi makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak, seperti misalnya gorengan, kacang, kacang kedelai, kwaci, susu dan sebagainya. Namun bukan berarti untuk tidak makan sama sekali karena tubuh juga masih memerlukanya.

5. Bila merasa risih karena gatal atau jerawat sudah mulai matang dan terlihat berwarna putih. Dilarang untuk memencet jerawat karena kotoran yang keluar dapat menyebar dan juga dapat meninggalkan noda hitam pada wajah.

6. Bila kita merasa kurang puas dengan pembersih wajah dengan produk kosmetik kita dapat membersihkanya dengan pembersih alami, yang dapat kita buat sendiri.

Mungkin kita akan bosan dengan berbagai cara untuk perawatan wajah, tetapi memang perlu banyak niat untuk melakukannya. Semoga sedikit tips tentang cara merawat wajah berjerawat ini bisa menjadi referensi, dan selamat mencoba semoga berhasil dengan baik.
PLEASE SUBSCRIBE GAN CHANNEL KAMI.!!!

thanks if u comments

Back To Top