Wara Warta

menulis berdasarkan pendapat pengalaman dan refrensi

KAMI PUNYA BANYAK DATABASE CARI ATAU BACA ARTIKEL YANG LAINYA

Senin, 03 Juni 2013

bagaimana cara menjual lagu ciptaan sendiri

Gak semua orang punya kemampuan untuk menciptakan lagu yang bagus dan membuat orang suka dalam sekali dengar. Musisi yang sudah terkenal pun sangat bergantung pada lagu-lagu bagus untuk dapat tetap bertahan di belantika musik indonesia. Masyarakat Indonesia memang objektif dan adil dalam menilai lagu artis penyanyi terkenal dan baru. Musisi lama yang gagal menciptakan lagu baru yang bagus akan dengan mudah dilupakan dan diganti dengan musisi baru yang punya segudang lagu-lagu bagus dan orisinil.
     Yang jelas dalam menciptakan lagu sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri karena harus mencipta lagu bagus demi mendapatkan uang banyak. Akan tetapi santai saja dan lakukan sebagai hobi sampingan (Setuju??.. ).  Rekaman suara dan musik pengiring (aransemen) harus terdengar jelas dan serius. Usahakan lagu kita original, unik dan enak didengar. Bagaimana pun barang dagangan harus terlihat bagus di mata pembeli.

Berikut ini adalah beberapa tips yang penting untuk diketahui bagi pencipta lagu yang ingin menawarkan lagu kepada para produser atau musisi :

1. Tawarkan kepada yang tepat
Usahakan kamu menawarkan lagu ke produser atau musisi yang dapat dipercaya dan bekerja secara profesional dalam manajemen lagu agar karya kita lebih diperhatikan secara serius. Contohnya adalah perusahaan rekaman sony-bmg departemen a&r (artist & repertoar). Sebaiknya datang langsung dan temui bagian yang mengurusi demo lagu ciptaan agar mudah untuk menanyakan apakah lagu kita diterima atau ditolak.(harus dicoba..!!)

2. Amankan hasil kekayaan intelektual kita dengan Perlindungan Hukum
Pubikasikan karya kita di internet untuk mendapatkan pengakuan luas dari masyarakat dan hukum negara kita pada berbagai penyedia media publikasi audio gratis profesional seperti di soundclick, myspace, facebook, friendster, youtube, 4shared, multiply, kaskus, dan lain-lain. Sekali diupload jangan diedit atau dihapus agar tanggal upload tidak berubah. Jika ingin diubah sebaiknya buat perbaikan sebaiknya beri keterangan tambahan pada judul file sebagai versi terbaru. Berikan catatan pada tag tentang anda di file musik anda agar orang tahu siapa penciptanya. Siapkan juga situs web atau blog sebagai tempat jualan kita. Akan lebih kuat lagi jika lagunya kita daftarkan ke pendaftaran HAKI.(Perlindungan Hukum penting banget nih kl kamu mau serius di dunia musik dan perlaguan he..he..)

3. Jual juga lagu kamu secara Online lewat Internet
Postinglah karya kamu di situsweb atau blog khusus tentang bisnis musik dan lampirkan lagu-lagu hasil ciptaan anda yang anda jual dengan link file audio di berbagai media di atas. Pihak produser maupun artis akan lebih mudah untuk mencari lagu yang sesuai dengan mereka. Dengan begini kamu akan lebih mudah menjual lagu hasil karangan kamu baik yang bagus maupun yang biasa-biasa saja.

4. Kualitas lagu dan rekaman lagu yang baik
Ciptakan lagu yang bagus, easy-listening, sekali dengar orang langsung suka, rekamannya jelas, vokalnya bagus tidak buta nada, orisinil tidak membajak karya orang lain, dan dapat dinyanyikan oleh banyak penyanyi. Sebaiknya iringi saja dengan gitar atau piano agar produser dapat berimajinasi mengenai aransemen versi penuhnya. Nyanyikan lagu dengan suara yang biasa saja tidak dengan suara yang khas agar artis mudah mempelajari sesuai karakternya.(jangan sampe demo rekaman kamu kresek...kresek... kaya suara radio offline ha..ha..)

5. Jadilah pencipta lagu yang fleksibel
Lagu hasil karya cipta kita adalah seperti bahan mentah yang memerlukan proses pengolahan yang panjang. Oleh sebab itu mungkin saja terjadi perubahan-perubahan kecil dan besar untuk meningkatkan kualitas lagu kita. Dengan menjadi fleksibel maka baik arranger maupun artis akan lebih menghargai kita. Perubahan yang mungkin terjadi yaitu seperti lirik, nada lagu, tempo, tinggi rendah nada, aransemen, dan lain-lain.

6. Buat perjanjian yang jelas secara TERTULIS setiap ada kesepakatan
Jika lagu anda ingin digunakan oleh pihak lain, maka anda punya hak untuk menerima atau menolaknya. Pastikan ada mou (memorandum of understanding) yang menjelaskan berbagai hal penting seperti sistem pembayaran royalti atau beli putus, batas waktu penggunaan lagu, artis yang menyanyikannya, dan lain sebagainya. Pastikan perjanjian tersebut tidak akan merugikan anda kelak di kemudian hari.

Menjual lagu loe sendiri secara online di internet, tentu saja ada hal-hal yang harus loe persiapkan secara tepat disamping strategi dan promosi yang jitu, dengan harapan lagu loe lebih diterima secara luas oleh penikmat musik di seluruh penjuru dunia.
Berikut hal teknis yang harus dipersiapkan, sebelum menuju tahap strategi dan promosi :
1. Lagu/musik sendiri dan original.
Inilah modal paling penting dari keseluruhan proses menjual lagu. Karena tidak mungkin loe bisa menjual lagu, jika loe tidak mempunyai lagu ciptaan sendiri dan lagu tersebut harus original.
2. Kualitas Lagu.
Untuk hal kualitas, adalah hal teknis atau kualitas rekaman yang dihasilkan, penilaian bagus atau tidaknya sebuah lagu adalah relatif.
kualitas disini adalah sound yang dihasilkan harus standar rekaman profesiona, yaitu melalui beberapa proses seperti tracking, editing, mastering, balancing, dll.
3. Durasi Lagu.
Durasi sebuah lagu sebenarnya tidak ada aturannya. tetapi dalam indutri musik komersil, durasi lagu menjadi penting karena tuntutan media-media (TV atau Radio) yang memiliki hak untuk menyiarkan. durasi sebuah lagu komersil berkisar antara 3-5 menit.
4. Format File.
Lagu dalam bentuk digital file dengan format MP3 (44.1 kHz – 320 bitrate or higher), atau format WAV (44.1Khz, 16 bit samples, no compression).
5. Alat Pembayaran
Untuk hal ini adalah sebuah keharusan untuk melakukan berbagai transakasi keuangan secara online karena hampir semua situs melakukan transaksi secara online menggunakan Paypal.

6. Digital Art.
Ini sangat penting karena berguna sebagai cover album, bisa berupa photo atau art image, yang mempunyai kualitas gambar digital.

semoga sukses

PLEASE SUBSCRIBE GAN CHANNEL KAMI.!!!

3 komentar

Tolong dengerin Mas bro!! ini ada beberapa lagu ciptaan saya sendiri.. lagunya udah di track, hasilnya bersih.. saya berniat untuk menjual lagu-lagu saya, Ini Link-nya :

http://jojosimamora.blogspot.com/

kasih saran yaa.. :) Thanks.. Salam Musisi

Jual laguku di YouTube " voice of heaven Kediri " HP 085859752900

thanks if u comments

Back To Top