Wara Warta

menulis berdasarkan pendapat pengalaman dan refrensi

KAMI PUNYA BANYAK DATABASE CARI ATAU BACA ARTIKEL YANG LAINYA

Senin, 08 Juli 2013

cara memfungsikan otak tengah

Aktivasi otak tengah adalah suatu penemuan fenomenal dalam pendidikan anak. Teori penggunaan otak tengah sebenarnya telah banyak dilakukan pada banyak negara negara di Asia terutama Jepang. Jepang telah lama melakukan praktek aktivasi otak tengah pada anak-anak.Seorang anak yang telah diaktivasi otak tengah akan memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan anak yang otak tengahnya belum di aktivasi.

Kegiatan dengan mata tertutup adalah suatu kegiatan yang paling nyata dapat dilihat. Seorang anak yang telah diaktivasi otak tengahnya (Mid Brain Activated) dapat mempunyai kemampuan luar biasa. Kemampuan ini bahkan sering kali dipertontonkan secara menakjubkan dalam program hiburan sulap. Setelah melihat kemampuan anak yang telah diaktivasi, sebagian besar acara pertandingan sulap di The Master menjadi kurang menarik.

Karena hal ini dapat dilakukan sendiri oleh anak-anak polos yang hanya mengikuti training aktivasi otak tengah selama 2 hari. Kemampuan dasar yang dapat dilakukan adalah ‘melihat’ kartu dengan mata ditutup (blind fold). Christofle (9 thn) misalnya, setelah mengikuti training aktivasi otak tengah, dapat mengurutkan seluruh kartu remi sesuai dengan angka, warna dan bentuk gambar kartu dengan mata tertutup. Ia dapat mempergunakan indra raba untuk melihat pola dan warna lengkap dengan angka hanya dengan penglihatan kulit (Skin Vision).

Otak tengah ini merupakan penghubung dari otak kanan dan otak kiri. Aktivasi otak tengah membuat otak kanan dan otak kiri kita dapat melakukan komunikasi dengan baik. Dengan seimbangnya perkembangan otak, maka otak kanan dan otak kiri dapat berfungsi dengan lebih baik. Aktivasi otak tengah dapat mengembalikan kekuatan otak pada keadaan semulanya.
Kemampuan konsentrasi dari seseorang juga akan meningkat dengan tajam setelah aktivasi otak tengah. Seseorang dapat berkonsentrasi dengan lebih lama dengan tingkat konsentrasi yang tinggi. Hal ini didukung dengan kapasitas otak yang tinggi. Jika konsentrasi ini dipergunakan untuk belajar, maka daya belajar anak akan menjadi tinggi. Mereka dapat menerima pelajaran-pelajaran yang bahkan belum dapat di terima oleh para teman-teman sebayanya.

Daya ingat juga banyak sekali dikontrol oleh otak tengah. Daya ingat dari anak-anak ini dapat ditingkatkan dengan melatih memori mereka. Karena memori ada di bagian tengah, maka dengan berkembangnya otak tengah, kapasitas memori juga dapat ditingkatkan. Perlu dilakukan pelatihan khusus untuk meningkatkan daya ingat anak. Kita bias mengharapkan akan kita memiliki daya ingat fotografi.

Daya ingat fotografi adalah kemampuan seseorang untuk merekam suatu gambar atau tulisan keseluruhannya dalam memori mereka. Lalu jika mereka inginkan, mereka dapat ‘melihat’ kembali gambar tersebut di memori mereka. Mereka bahkan dapat membaca ulang dengan kecepatan tinggi. Hal ini dapat dilakukan karena mereka tidak dibatasi dengan kecepatan mata, dan interaksi mata & otak. Semua bahan sudah ada didalam otak mereka sendiri. Kapasitas memori ini dapat ditingkatkan tinggi sekali, karena sebenarnya otak manusia memiliki kapasitas penyimpanan yang besar sekali.
Apakah dengan demikian otak kita akan dipaksakan untuk menerima informasi yang berlebih? Para ahli mengatakan bahwa kita baru menggunakan kurang dari 10% kapasitas otak kita. Yang dilakukan disini adalah mengoptimalkan penggunaan otak dari bagian otak yang belum dipakai.

Apakah ada tanda yang menyolok dari anak yang telah di aktivasi otak tengahnya? Tanda dari otak tengah yang telah diaktivasi adalah kemampuan untuk melihat dengan mata tertutup. Mereka dapat membaca, mengurutkan kartu, bahkan melakukan kegiatan sehari-hari dengan mata tertutup.

Cara aktivasi otak tengah untuk anak


Banyak sekali orang yang penasaran untuk mengetahui  cara mengaktifkan otak tengah. Mereka menanyakan hal ini karena mereka mulai mengetahui manfaat dari otak tengah yang aktif. Di dunia ini ada beberapa cara aktivasi otak tengah. Sebagian besar membutuhkan usaha dan biaya yang sangat besar.
Memang banyak orang tua anak yang mulai menyadari bahwa otak anak mereka akan berkembang dengan baik jika otak tengah diaktifkan. Tetapi mereka mundur karena usahanya terlalu besar. Tibet mensyaratkan para peserta untuk masuk dalam ritual keagamaan mereka. Aktivasi otak tengah dilakukan dengan menimbulkan gelombang Alpha di otak. Aktifitas gelombang Alpha tersebut akan muncul pada saat meditasi.
Jepang dan Rusia juga mempunyai cara aktivasi otak tengah mereka sendiri. Mereka masih menyembunyikan cara mereka sebagai rahasia negara. Beberapa tahun terakhir ini Malaysia menemukan suatu cara modern untuk mengaktifkan otak tengah ini.
Yang menarik adalah rahasia ini disebarkan ke masyarakat dengan cara komersial. Dengan demikian kita dapat memberikan pelatihan aktivasi otak tengah ini untuk anak-anak kita. Sebelumnya hanya orang-orang pilihan yang dapat memelihara rahasia saja-lah yang dapat dijadikan percobaan untuk aktivasi otak tengah ini.
Aktivasi otak tengah yang dilakukan sekarang di Indonesia adalah hasil penelitian yang dilakukan di Malaysia. Indonesia termasuk negara yang beruntung untuk mendapatkan ilmu ini dari negara tetangganya. Pelatihan ini memang sudah mulai menyebar dengan cepat di Srilangka, bahkan sampai New Zealand.
Hal ini merupakan terobosan baru dalam dunia pendidikan. Banyak tokoh pendidikan barat yang ingin tahu lebih banyak tentang cara pengaktifan otak tengah ini. Sementara mereka masih sibuk dengan penelitian, kita di Indonesia sudah dapat menikmati manfaatnya.
PLEASE SUBSCRIBE GAN CHANNEL KAMI.!!!

thanks if u comments

Back To Top