KAMI PUNYA BANYAK DATABASE CARI ATAU BACA ARTIKEL YANG LAINYA

Memuat...

Selasa, 11 Juni 2013

taksonomi ikan mas koki

Jenis Ikan Mas Koki
Mengetahui Jenis Kelamin Ikan Koki

Ikan mas koki jantan: pada sirip dada terdapat bintik-bintik bulat menonjol dan jika diraba terasa kasar. Induk yang telah matang jika diurut pelan ke arah lubang genital akan keluar cairan berwarna putih.

Ikan mas koki betina: pada sirip dada terdapat bintik-bintik dan terasa halus jika diraba. Jika diurut, keluar cairan kuning bening. pada induk yang telah matang, perus terasa lembek dan lubang genital kemerah-merahan.
Lingkungan Hidup Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki dapat hidup di akuarium, Bak semen, Kolam, Bak Fiber dan lain-lain, tergantung media yang dipilih untuk membudidayakan ikan mas Koki. Media apapun yang dipergunakan yang paling penting adalah kualitas air yang selalu casino online terjaga kebersihan dan kondisinya.

Untuk menghilangkan amoniak perlu dilakukan proses filtrasi pada air kolam/akuarium atau mengganti air dalam akuarium/kolam secara periodik. Ada banyak ragam model filter kolam yang bisa dipakai untuk kolam budidaya ikan koki. Anda bisa lihat gambar ikan mas koki di bawah ini.
Gambar Ikan Mas Koki : Oranda

Gambar Ikan Mas Koki : Oranda

Oksigen merupakan elemen penting bagi pertumbuhan ikan mas koki. Agar kandungan oksigen yang terlarut dalam air ( Disolved Oksigen) cukup bagi ikan Mas Koki ada beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

- Kepadatan kolam tidak boleh melebihi kapasitas, kolam/akuarium yang terlalu penuh sesak akan menyebabkan ikan berebut oksigen dan kotoran semakin banyak sehingga kandungan amoniak semakin banyak pula. Efek lebih lanjut adalah kematian pada ikan.

- Memberi tambahan aerator pada kolam/akuarium, penambahan aerator sangat penting dalam menambah Disolved Oksigen dalam air. Selain penambahan aerator dalam kolam/akuarim bisa dibuat air terjun dengan pompa air.

Jika kondisi air secara fisik sudah jernih dan terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya serta cukup oksigen maka keberhasilan dalam memelihara ikan Koki sudah separuh jalan berhasil. Memelihara ikan Mas Koki pada dasarnya tinggal menjaga kualitas air dalam kondisi yang optimal.

ikan mas lainya 

RIBBONTAIL GOLDFISH
merupakan jenis ikan mas koki yang habitat aslinya berasal  dari Cina.Dikenal dengan nama " Ryukin Goldfish", ikan ini memiliki  ciri ekor panjang yang menarik dengan tulang punggung membungkuk dari belakang.Jenis ini sering diikutkan dalam kontes ikan mas koki.
Oranda Goldfish
ORANDA GOLDFISH
salah satu jenis yang paling populer dari ikan mas koki yaitu jenis Oranda Goldfish. Jenis ini diyakini berasal dari Cina dan Jepang. Dengan topi merah yang ada di kepala dan 4 ekor berumbai yang panjang ikan ini banyak dicari oleh penghobi ikan hias.
Ribbon tail Goldfish
RIBBON TAIL GOLDFISH
bentuk ekor menyilang dan badan yang agak memanjang merupakan ciri dari ikan ini. Habitat asli ikan ini berasal dari Cina sedang di Indonesia sendiri ikan mas koki jenis jarang sekali di jumpai. Ribbon tail Goldfish juga memiliki nama lain Rokuri Goldfish
Ranchu Goldfish
RANCHU GOLDFISH
mempunyai bentuk seperti Lion Head Goldfish, ikan ini merupakan perkawinan silang dari Lion Head Goldfish dan ikan koki jenis lain. Ikan ini sering dijumpai di indonesia dan memiliki bermacam-macam warna antara lain kuning , merah-putih, hitam, orange.
Jewel Goldfish
JEWEL GOLDFISH
merupakan ikan yang banyak dicari para penghobi ikan hias. Dengan bintik-bintik putih yang menonjol menyerupai mutiara  di seluruh bagian tubuhnya, terasa kasar bila diraba.

Celestial Eye Goldfish
CELESTIAL GOLDFISH
mempunyai bentuk mata yang aneh, besar dan menghadap keatas, itulah ikan mas koki Celestial Eye. Jenis ini cenderung mempunyai badan yang lebih kecil dari pada mas koki jenis yang lain.
LION HEAD GOLDFISH
Lion Head Goldfish
sekilas hampir sama dengan jenis Ranchu Goldfish.ekor pendek tanpa sirip bagian atas serta punggung yang melengkung.
Posted by: Rinal purba
onlinefun, Updated at: 13.49