berbasis akrual
tujuan : mengatur penyajian laporan keuangan untuk tujuan umum dalam ranka meningkatkan keterbandingan lapooran keuangan baik terhadap angganran antar peruriode maupun entitas.
laporan untuk mencapai tujuan umum adalah laporan yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna atau masyarakat termasuk lembagalegislatif pemeriksa/pengawas pihak yang memberi atau yang berpartisipasi dalam pihak donasi,investasi,serta pinjaman dan pemrintah
Standar Akuntansi Pemerintahan
Standar Akuntansi Pemerintahan
Berdasarkan PP 24 tahun 2005, Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan terdiri dari 11 (Sebelas) Pernyataan:
PSAP No. 01 tentang Penyajian Laporan Keuangan
PSAP No. 02 tentang Laporan Realisasi Anggaran
PSAP No. 03 tentang Laporan Arus Kas
PSAP No. 04 tentang Catatan atas Laporan Keuangan
PSAP No. 05 tentang Akuntansi Persediaan
PSAP No. 06 tentang Akuntansi Investasi
PSAP No. 07 tentang Akuntansi Aset Tetap
PSAP No. 08 tentang Akuntansi Konstruksi dalam Pengerjaan
PSAP No. 09 tentang Akuntansi Kewajiban
PSAP No. 10 tentang Koreksi Kesalahan
PSAP No. 11 tentang Laporan Keuangan Konsolidasian
NERACA
A. PENGERTIAN
Neraca adalah salah satu komponen laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan suatu entitas pelaporan pada tanggal tertentu. Yang dimaksud dengan posisi keuangan adalah posisi aset, kewajiban, dan ekuitas dana.Aset adalah sumber daya yang dapat memberikan manfaat ekonomi dan/atau sosial yang dikuasai dan/atau dimiliki oleh pemerintah, dan dapat diukur dalam satuan uang. Sumber daya nonkeuangan yang diperlukan untuk penyediaan jasa bagi masyarakat umum dan sumber-sumber daya yang dipelihara karena alasan sejarah dan budaya juga termasuk dalam pengertian aset. Contoh aset antara lain kas, piutang, persediaan, dan bangunan.Kewajiban adalah utang yang timbul dari peristiwa masa lalu yang
penyelesaiannya mengakibatkan aliran keluar sumber daya ekonomi pemerintah. Kewajiban mencakup utang yang berasal dari pinjaman, utang
biaya, dan utang lainnya yang masih harus dibayar. Contoh kewajiban antara lain utang kepada pemerintah pusat, utang kepada entitas pemerintah lain,dan utang perhitungan fihak ketiga.
Ekuitas Dana adalah kekayaan bersih pemerintah yang merupakan selisih antara aset dan kewajiban pemerintah. Contoh ekuitas dana antara lain Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran dan ekuitas dana yang diinvestasikan.
B. PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI
Neraca mencerminkan persamaan akuntansi yang umum dikenal yaitu:
aset = Kewajiban + Ekuitas
Ekuitas pemerintah disebut ekuitas dana. Ekuitas dana pemerintah berbeda dengan ekuitas sektor komersial. Ekuitas di sektor komersial mencerminkan sumber dari sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan,sedangkan ekuitas dana pemerintah merupakan selisih aset dengan kewajiban, sehingga persamaan akuntansinya menjadi:
Aset – Kewajiban = Ekuitas dana
Akun-akun neraca dikembangkan secara berpasangan. Akun-akun aset dan kewajiban berpasangan dengan akun-akun yang ada dalam ekuitas dana.
Contoh: Kas berpasangan dengan SiLPA, Persediaan berpasangan dengan Cadangan Persediaan, Piutang berpasangan dengan Cadangan Piutang,Investasi Jangka Panjang berpasangan dengan Diinvestasikan dalam Investasi Jangka Panjang, Aset Tetap berpasangan dengan Diinvestasikan dalam Aset
Buletin Teknis Penyusunan Neraca Awal Pemerintah Daerah
Komite Standar Akuntansi Pemerintahan Tetap, Utang Jangka Pendek berpasangan dengan Dana yang Harus Disediakan untuk Pembayaran Utang Jangka Pendek.
C. STRUKTUR NERACA
Neraca terdiri dari aset, kewajiban, dan ekuitas dana. Aset diklasifikasikan menjadi lancar dan nonlancar. Aset lancar terdiri dari kas atau aset lainnya yang dapat diuangkan atau dapat dipakai habis dalam waktu 12 bulan mendatang. Aset nonlancar terdiri dari investasi jangka panjang, aset tetap, dan aset lainnya.
Kewajiban diklasifikasikan menjadi jangka pendek dan jangka panjang.Kewajiban jangka pendek adalah kewajiban yang akan jatuh tempo dalam waktu 12 bulan setelah tanggal pelaporan, sedangkan kewajiban jangka panjang akan jatuh tempo dalam waktu lebih dari 12 bulan.
Jurnal Korolari dalam Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan
Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), yang ditetapkan dengan Peraturan
Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2005, menggunakan basis modifikasian kas
menuju akrual (cash towards accrual). Basis ini mengharuskan penyajian aset,
kewajiban, dan ekuitas dengan basis akrual sedangkan pendapatan, belanja, dan
pembiayaan menggunakan basis kas. Aset, kewajiban, dan ekuitas merupakan unsur
neraca sedangkan pendapatan, belanja, dan pembiayaan merupakan unsur Laporan
Realisasi Anggaran. Dengan kata lain, Neraca disajikan dengan basis akrual dan
Laporan Realisasi Anggaran disajikan dengan basis kas.
Dalam sebuah pertemuan sebelum basis ini dipilih, Prof. Dr. Bambang Sudibyo,
sekarang Mendiknas, yang saat itu masih duduk sebagai anggota Komite Pengarah
dalam Komite Standar Akuntansi Pemerintah Pusat dan Daerah, mempertanyakan
bagaimana teknis pencatatan basis ini dapat dilaksanakan. Komite menjelaskan
bahwa secara teknis basis ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan jurnal
korolari. Jadilah basis tadi dipilih tentunya dengan teknis korolari-nya. Akan tetapi
dalam SAP sendiri tidak ada uraian mengenai jurnal korolari ini. Alasannya, bahwa
urusan jurnal menjurnal merupakan bagian dari sistem akuntansi bukan standar
akuntansi. Lalu apa dan bagaimana sebenarnya jurnal korolari itu? Apakah jurnal
korolari wajib digunakan?
Neraca dan Laporan Realisasi Anggaran merupakan laporan-laporan yang saling
berhubungan. Pendapatan yang merupakan isi Laporan Realisasi Anggaran
didefinisikan sebagai semua penerimaan Rekening Kas Umum Negara/Daerah yang
menambah ekuitas dana lancar dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan
yang menjadi hak pemerintah, dan tidak perlu dibayar kembali oleh pemerintah.
Selanjutnya belanja yang juga menjadi isi Laporan Realisasi Anggaran didefinisikan
sebagai semua pengeluaran dari Rekening Kas Umum Negara/Daerah yang
mengurangi ekuitas dana lancar dalam periode tahun anggaran bersangkutan yang
tidak akan diperoleh pembayarannya kembali oleh pemerintah. Ekuitas dana lancar
merupakan unsur neraca sehingga pendapatan dan belanja seharusnya langsung
Halaman 2 dari 5
mempengaruhi ekuitas dana lancar dalam neraca. Akan tetapi penerimaan pendapatan
dan pengeluaran belanja berdasarkan basis kas hanya mempengaruhi jumlah kas
tetapi tidak secara langsung mempengaruhi ekuitas dana lancar. Oleh karena itu dapat
dikatakan bahwa akun-akun pendapatan dan belanja merupakan akun pembantu
ekuitas dana lancar. Penerimaan pendapatan dicatat terlebih dahulu dalam akun
pendapatan dan pengeluaran belanja dicatat dalam akun belanja kemudian pada akhir
tahun ditutup ke akun ekuitas dana lancar. (Bandingkan dengan pengertian
pendapatan dan biaya sebagai akun pembantu modal dalam akuntansi komersial).
Seluruh penerimaan dan pengeluaran pemerintah harus ada dalam anggaran
artinya harus melalui atau tercantum dalam Laporan Realisasi Anggaran. Pendapatan,
belanja, dan pembiayaan yang merupakan unsur Laporan Realisasi Anggaran akan
diakui atau dicatat pada saat kas diterima atau dikeluarkan. Pendapatan, belanja, dan
pembiayaan hanya mempengaruhi kas dan tidak mempengaruhi komponen lainnya
dalam pos neraca pada saat penerimaan dan pengeluaran kas. Akibat perlakuan
seperti ini, neraca hanya terdiri dari sisi debet kas sisi kredit ekuitas. Itupun ekuitas
muncul pada akhir periode pada saat pendapatan dan biaya ditutup ke ekuitas dana
lancar.
PLEASE SUBSCRIBE GAN CHANNEL KAMI.!!!
1 komentar:
Nama saya mrs joan Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua peminjam sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya merasa tegang secara finansial, dan dengan putus asa, saya dikenali oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya menghubungi saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama ratu jujur yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800.000.000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat hanya 2 %.
Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya telah diaplikasikan untuk dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji kepadanya bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres.
Jadi jika Anda memerlukan pinjaman apapun, silakan hubungi dia melalui emailnya: frankqueens64@gmail.com Anda juga dapat menghubungi saya di email saya febianjoan@gmail.com dan mr Sety yang saya perkenalkan dan informasikan tentang ratu yang dia dapatkan juga. Pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: faithaminat1@gmail.com Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.
thanks if u comments